Jumat, 27 Januari 2012


Kerajinan Kasongan

Kerajinan Kasongan dari Desa Kasongan, Bantul Jogjakarta



Ingin belanja langsung ? klik : Products Page
Kasongan adalah salah satu Desa di Kabupaten Bantul yang menjadi sentra kerajinan tangan/handicraft. Kerajinan Kasongan sudah sangat terkenal, sehingga Desa Kasongan juga disebut Desa Wisata. Daerah Kasongan ini tepatnya terletak di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta. Jarah tempuh sekitar 6 km dari ALun - alun utara Jogjakarta menuju arah selatan. Produk Kerajinan Kasongan ini juga dikenal sebagai Gerabah Kasongan.
Kerajinan Kasongan pada mulanya sangat sederhana, hanya berupa celengan, mainan anak dan perabot dapur serta pot bunga. Pada tahun 1971 - 1972, seorang seniman Yogyakarta yang bernama Sapto Hudoyo membantu masyarakat Kasongan untuk lebih kreatif dalam berproduksi, sehingga Kerajinan Kasongan atau Gerabah Kasongan ini menjadi bekembang motif dan ragamnya tidak hanya monoton dan membosankan. Sapto Hudoyo selain memberikan sentuhan pada Kerajinan Kasongan tersebut, juga melatih manajemen dan marketingnya, sehingga Kerajinan Kasongan bisa di terima oleh masyarakat luas dan menjadi semakin terkenal. Motif, jenis dan model Kerajinan Kasongan akhirnya tumbuh dan berkembang banyak sekali, tidak sekedar guci atau gerabah dari tanah liat.
Kerajinan Kasongan umumnya adalah Guci dengan berbagai motif (burung merak, naga, bunga mawar, batik, kaligrafi, dll), pot berbagai ukuran dari kecil hingga setinggi orang dewasa, souvenir, hiasan dinding, lukisan, pigura, perabot lain seperti meja, kursi, dipan, dll. Tetapi sekarang variasi kerajinan kasongan sudah banyak seperti : bunga tiruan dari daun pisang serta biji-bijian, perabot dari bambu, patung dari batu atau kayu, miniatur sepeda atau miniatur becak, topeng batik, gorden, tas, dll. Kerajinan Kasongan ini banyak yang berkualitas bagus dan berkualitas eksport, sehingga banyak dikirim ke Amerika dan Eropa. Desa Kasongan yang terkenal dengan kerajinan kasongan ini sangat ramai jika musim liburan
Apabila anda belum sempat ke Kasongan untuk membeli Guci Kasongan, maka Tokokerajinanjogja.com memiliki beberapa koleksi Guci Kasongan yang bisa dipesan secara online disini. Untuk melihat Guci Kasongan anda bisa mengunduh brosurnya di sini :brosur Kerajinan Kasongan
Jika ada lesulitan dalam download anda bisa menghubungi email :admin@tokokerajinanjogja.com untuk memperoleh file brosurnya.
guci kasongan Kerajinan Kasongan

0 komentar:

Posting Komentar

 

kerajinan di nusantara Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting