Sabtu, 26 Mei 2012

TAS DARI BONGGOL JAGUNG


Ini Cara Membuat Tas dari Bonggol Jagung

Tribunnews.com - Rabu, 13 Juli 2011 14:56 WIB
Share
Email
Print
 Text  +  
Ini Cara Membuat Tas dari Bonggol Jagung
Tribunnews.com/Iman Suryanto
Hasil kerajinan tangan berupa tas yang terbuat dari bonggol jagung. 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Iman Suryanto
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kreativitas dan kerja keras Ilham yang menyulap bonggol jagung menjadi produk kerajinan tangan berupa tas, patut diacungi jempol.
Setidaknya, dengan usahanya ini dia mampu mengekspor produk kerajinannya hingga ke Jepang dan Abu Dhabi.
Lalu bagaimanakah proses pembuatan kerajinan tangan khas bonggol jagung buatan Ilham?
Dengan menggunakan alat seadanya, Ilham menunjukan cara pengolahan bonggol jagung tersebut kepada Tribunnews.com, Rabu (13/7/2011).
Bonggol jagung yang dipilihnya adalah bonggol yang berkualitas dan sebelumnya dibersihkan dengan cara menyayat bagian sisi jagung hingga menjadi persegi panjang. Setelah itu bonggol tadi kemudian dijemur hingga kering selama setengah hari.
Setelah dianggap kering, kemudian bonggol tadi dipotong-potong membentuk persegi panjang maupun kotak-kotak berukuran kecil-kecil yang dilanjutkan dengan melubangi bagian tengahnya yang nantinya untuk tempat benang ataupun kawat yang kemudian disusun dan disatukan menjadi sebuah pola benda.
"Untuk bentuknya kita kreasi sendiri, dan untuk di sini (Indonesia) barang ini kita jual dengan harga berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 250 ribu per itemnya. Meski dengan harga demikian kreasi kami belum mendapatkan hati dan tempat dari masyarakat Indonesia, namun kalau di luar negeri mereka malah senang," terang Ilham.

0 komentar:

Posting Komentar

 

kerajinan di nusantara Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting