Senin, 11 Juni 2012

Kerajinan Tangan dan Kesenian Malaysia yang Penuh Ragam dan Warna


Kerajinan Tangan dan Kesenian Malaysia yang Penuh Ragam dan Warna

Submitted by  on February 19, 2012 – 2:51 amNo Comment
Malaysia ialah negara yang multi-etnis dan multi-budaya dimana didalamnya terdapat berbagai macam kebudayaan, adat istiadat, agama, ras, dan kelompok lainnya yang bisa hidup secara berdampingan dan harmonis tanpa adanya kendala yang berarti. Sementara budaya eklektik negara bisa terlihat melalui seni dan kerajinan Negeri Jiran ini. Tarian, musik, seni lukis dan seni pahatan merupakan komponen integral dari kesenian dan kerajinan yang ada di Malaysia.
Keberadaan musik di Malaysia juga sangat beragam, dimana musik di negara ini dipengaruhi oleh Indonesia, Portugis, Fhilipina, dan musik China. Tiap-tiap propinsi di Malaysia tentunya memiliki penduduk dengan orang-orang yang berlatar belakang budaya dan selera musik yang berbeda-beda. Sehingga implikasnya, musik yang berkembangpun menjadi begitu diferensial. Misalnya musik Ghazals dari Arab begitu populer di Kuala Lumpur, sementara Ronggeng yang merupakan musik rakyat lebih populer di Malaka.
Namun demikian, tetap ada beberapa bentuk musik yang populer di senatero Malaysia—tak lagi tersekat oleh perbedaan kultur dan lainnya. Seperti Tari dan Musik Zapin dari Arab dan Donadang Sayang. Selain itu, musik Malaysia juga dalam perkembangannya telah dipengaruhi oleh musik dari Eropa dan Amerika sebagai akibat dari munculnya beberapa pemusik dan grup band ngetop pada beberapa dekade terakhir ini, dimana Malaysia menjadi salah satu pangsa pasar besar di Asia.
Selain bentuk musik modern, Malaysia juga masih memertahankan bentuk musik tradisional dan segala derivasinya. Joget misalnya, merupakan bentuk tari tradisional yang umumnya sering disertai dengan seruling. Begitu juga Anda akan melihat orang Melayu Malaysia menarikan Tarian Inang yang biasanya dilakukan didepan para tamu kerajaan. Seni pertunjukkan lainnya, termasuk Tarian Bayangan juga kerap dipertontonkan terutama dalam acara-acara semacam pernikahan atau lahiran.
Seni Kerajinan Malaysia

0 komentar:

Posting Komentar

 

kerajinan di nusantara Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting