Kamis, 01 Maret 2012

kerajinan sandal dari kang aben


Kerajinan Sandal dari Kang Aben

AddThis Social Bookmark Button
  • PREV
  • 1 of 2
  • NEXT
Bogor tidak hanya dikenal dengan kota hujan, namun Kota Bogor dikenal pula dengan kerajinan tangannya. Banyak kerajinan-kerajinan dari Bogor di pasarkan ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Salah satunya adalah kerajinan sepatu dan sandal yang cukup terkenal dari Bogor. Banyak pengrajin-pengrajin sepatu dan sandal dari Bogor menjadi pembuat sepatu di pabrik-pabrik sepatu ternama di Indonesia, bahkan tak sedikit pula para pengrajin membuat sepatu dan sandal di rumahnya sendiri atau yang sering dikenal dengan bengkel sepatu dan sandal.
Salah satu bengkel pembuatan sandal yang di Bogor, di kecamatan Ciomas tepatnya di kampung Pasir Pendey Cibinong, Ciomas milik Kang Aben atau yang dikenal dengan Bengkel Kang Aben. Bengkel Kang Aben berdiri sudah tujuh tahun yang membuat sandal khusus wanita. Walaupun bengkelnya terlihat kecil dan hanya memiliki 4 karyawan, namun mereka dapat memproduksi sampai sepuluh kodi perbulannya (satu kodi berisi 20-25 pasang sandal).
Hasil pembuatan sandal dari Bengkel Kang Aben itu dijual ke toko-toko sandal yang ada di daerah Bogor. Bengkel kang Aben memproduksi sandal ketika ada pesanan dari pemilik toko saja. “ kami hanya membuat sandal tergantung ada pesanan saja, karena kalau  kami membuat tanpa ada pesanan belum tentu sandal dari kami laku dipasaran dan pemilik toko belum tentu mau menerima produksi kami. Ya begitulah kalau pabrik kecil mah” ujar pemilik bengkel bapak tujuh anak ini, Aben.

“Bengkel sandal seperti milik saya ini sangat susah untuk berkembang karena beberapa hal salah satunya dari segi modal dan tidak sedikitnya wadah yang menampung produk kami. Harapan saya sebagai pemilik usaha kecil ini, semoga pemerintah bisa lebih memperhatikan tempat-tempat usaha kecil dan bisa menjadi wadah untuk kami semua.” Ujar Kang Aben.

Bengkel Kang Aben merupakan salah satu bengkel kecil pembuatan sandal didaerah Bogor. Masih banyak bengkel-bengkel kecil sama seperti milik Kang Aben ini yang sulit untuk mengembangkan usaha karena faktor-faktor tersebut. (Redaksi)

Add comment

1 komentar:

Unknown on 22 Agustus 2012 pukul 00.50 mengatakan...

dmn saya bs menghubungi bengkel kang Aben min?
thanks

Posting Komentar

 

kerajinan di nusantara Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting