Kamis, 01 Maret 2012

kerajinan serat alam

dicraft
Ummi ku Cukup Bekerja Dari Rumah Saja
Anda tentu sudah mengenal tanaman enceng gondok. Bagi petani tanaman enceng gondok dianggap sebagai gulma yang menggangu kelangsungan hidup tanaman pertanian. Akan tetapi ternyata tanaman yang semula dibuang dan dihindari oleh para petani menjadi barang yang dicari  setelah berubah bentuk menjadi Tas,dompet atau kerajinan tangan lainnya. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Adalah desa Salamrejo, Kecamatan SentoloKabupaten Kulonprogo, Propinsi DIY tempat tanaman-tanaman enceng gondok yang semula tidak bermanfaat tersebut disulap menjadianeka kerajinan yang bernilai tinggi , seperti tas, topi, alas meja hingga tempat lampu yang siap dipasarkan.

Tidak hanya dari bahan enceng gondok saja kerajinan tangan yang dihasilkan dari sana. Bahan-bahan serat alam lainnya pun  bisa didapatkan dari Salamrejo misalnya kerajinan tangan dari Pohon Gebang (Agel), Kerajinan tangan dari daun pandan, dan juga kerajinan tangan dari bahan rotan.  Aneka kerajinan tangan dari serat alam banyak diproduksi oleh tangan-tangan terampil Salamrejo, yang jumlahnya puluhan. Para pengrajin serat alam bernaung di beberapa kelompok usaha kerajinan (craft). Pemasaran hasil produksi kerajinan serat alam Salamrejo telah merambah dari pasar domestik hingga pasar luar negeri.
Sebut saja misalnya Astuti Craft, yang sudah menggeluti usaha ini semenjak tahun 1995 dan tak kurang dari 30 pengrajin
serat alam bekerja dalam naungan Astuti Craft. Semua pekerja berasal dari sekitar Sambirejo, suatu upaya membuka lapangan kerja bagi penduduk setempat. Kerajinan  serat alam yang sudah diproduksi oleh Astuti Craft cukup beraneka ragam lain mulai tas, sarung bantal, keset, kotak serbaguna hingga berbagai aksesoris dan peralatan rumah tangga yang memungkinkan dibuat dengan berbahan serat alam. Jenis, tipe, ukuran hingga warna dapat disesuaikan dengan detail pesanan costumer. Pemasaran  kerajinan serat alam Astuti Craft telah merambah dari Yogyakarta sampai Bali dengan pembeli yang beragam dari pembeli retail sampai order dalam partai besar.
Kontak Pemesanan Dan Informasi Astuti Craft :
Alamat
Pedukuhan Salam RT 30 RW 15 Salamrejo. Sentolo. Kulon Progo.
D.I.Yogyakarta, Indonesia
HP +6281 2156 1565
tasagelkancingkelapa
Tas Agel Kancing Kelapa Produksi Astuti Craft
Pengrajin Serat alam yang lain adalah Bhumi Cipta Mandiri Craft, Pengrajin yang berada di Dukuh Giyoso, Salamrejo ini
memproduksi aneka kerajinan tas dari serat alam daun pohon gebang yang diberi hiasan bordir sehingga nampak menarik dan artistik, selain kerajinan tangan berbentuk tas juga diproduksi kerajinan tangan dari serat alam lainnya. Pemasaran hasil kerajinan  Bhumi Mandiri Craft dilakukan di kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo Yogyakarta.
Kontak Dan Pemesanan Bhumi Cipta Mandiri Craft
Bpk Kasirin
Giyoso, RT.16 RW.08, Salamrejo, Sentolo, Kulonprogo, Yogyakarta
08122799207

0 komentar:

Poskan Komentar

 

kerajinan di nusantara Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting