Kamis, 01 Maret 2012

Kerajinan Unik dari Akar Wangi


News

Kerajinan Unik dari Akar Wangi

12 Agustus 2011

AKAR wangi memang sudah ada sejak dulu, bahkan hasil bumi ini kerap menjadi salah satu bahan pengharum ruangan sejak zaman dulu. Namun seiring beralihnya zaman, akar wangi pun di kemas dengan begitu apik.  Masyarakat yang berpikir lebih inovatif untuk menggarap pasar akar wangi, kemudian menjadikan akar wangi sebagai lahan bisnis.

Kerajinan dengan bahan baku akar wangi awalnya muncul dari pemikiran bagaimana membuat tumbuhan tersebut tidak hanya menjadi bahan pengharum pakaian, tapi juga menjadi bahan yang dapat dikembangkan menjadi produk kerajinan yang bisa diperdagangkan dan digemari masyarakat luas.

Konon kabarnya, akar wangi yang kualitasnya paling bagus adalah akar wangi yang berasal dari Tasikmalaya. Awal tahun °Æ90-an sejumlah pengrajin asal Kota Gudeg Jogjakarta  sempat melakukan ekspansi ke Tasikmalaya guna mendapatkan akar wangi itu, bahkan mereka rela mengeluarkan kocek hingga jutaan rupiah untuk memperolehnya.

Sekarang tak hanya minyak akar wangi yang melanglang ke luar negeri, kerajinan akar wangi juga banyak diminati wisatawan mancanegara. Semisal dari Malaysia, Singapura hingga Thailand.

0 komentar:

Posting Komentar

 

kerajinan di nusantara Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting