Kamis, 08 Maret 2012

Kerajinan Serat alam



Kerajinan Serat alam




Anda tentu sudah mengenal tanamanenceng gondok. Bagi petani tanaman enceng gondok dianggap sebagai gulma yang menggangu kelangsungan hidup tanaman pertanian. Akan tetapi ternyata tanaman yang semula dibuang dan dihindari oleh para petani menjadi barang yang dicari setelah berubah bentuk menjadi Tas,dompet atau kerajinan tangan lainnya. Bagaimana hal itu bisa terjadi? di wilayahKecamatan Sentolo,Kabupaten Kulonprogo,Propinsi DIY tempat tanaman-tanaman enceng gondok yang semula tidak bermanfaat tersebut disulap menjadi aneka kerajinan yang bernilai tinggi , seperti tas, topi, alas meja hingga tempat lampu yang siap dipasarkan.

Tidak hanya dari bahan enceng gondok saja kerajinan tangan yang dihasilkan dari sana.Bahan-bahan serat alamlainnya pun bisa didapatkan dari kulon progo misalnya kerajinan tangan dari Pohon Gebang (Agel), Kerajinan tangan dari daun pandan, dan juga kerajinan tangan dari bahan rotan. Aneka kerajinan tangan dari serat alam banyak diproduksi oleh tangan-tangan terampil kulon progo, yang jumlahnya puluhan. Para pengrajin serat alam bernaung di beberapa kelompok usaha kerajinan (craft). Pemasaran hasil produksi kerajinan serat alam kulon progo telah merambah dari pasar domestik hingga pasar luar negeri.
Gudang craft berusaha menjembatani antara pengrajin dan distributor atau konsumen di seluruh indonesia maupun internasional dengan pengrajin lebih dari 100 orang kami akan berusaha mengenalkan produk-produk kerajinan khas jogja
beberapa produk Kerajinan serat alam yang sudah diproduksi mulai tas, sarung bantal, keset, kotak serbaguna hingga berbagai aksesoris dan peralatan rumah tangga yang memungkinkan dibuat dengan berbahan serat alam. Jenis, tipe, ukuran hingga warna dapat disesuaikan dengan detail pesanan costumer. Pemasaran kerajinan serat alam telah merambah dari Yogyakarta sampai Bali dengan pembeli yang beragam dari pembeli retail sampai order dalam partai besar.
 dari Bisnis Rajut

1 komentar:

Suraj on 7 Desember 2019 pukul 15.31 mengatakan...

Informasi bagus di sini, saya ingin berbagi dengan Anda semua pengalaman saya mencoba mendapatkan pinjaman untuk memperluas Bisnis Pakaian saya di Malaysia. Sangat sulit pada bisnis saya turun karena penyakit kecil saya waktu singkat maka ketika saya sembuh saya membutuhkan dana untuk mengaturnya lagi bagi saya untuk memulai jadi saya bertemu Mr Benjamin seorang petugas konsultan pinjaman di Le_Meridian Funding Service. Dia bertanya saya tentang proyek bisnis saya dan saya katakan kepadanya saya sudah memiliki One dan saya hanya perlu pinjaman 200.000,00 USD dia memberi saya formulir untuk diisi dan saya juga dia bertanya kepada saya tentang ID Valid saya dalam beberapa hari. Mereka melakukan transfer dan pinjaman saya diberikan . Saya benar-benar ingin menghargai upaya di sana juga mencoba untuk memberikan ini kepada siapa pun yang mencari pinjaman bisnis atau masalah keuangan lainnya untuk Menghubungi Layanan Pendanaan Le_Meridian Di Email: lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. Ia juga tersedia di WhatsApp Contact: +1 -9893943740.

Posting Komentar

 

kerajinan di nusantara Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting